Ikan Pancake Batfish

Para peneliti mengidentifikasi spesies baru “batfish pancake”, ikan ceper yang jarang sekali terlihat akibat kedalaman dan kegelapan tempat tinggal mereka. Hewan tersebut diberi nama sesuai dengan cara kaku mereka “berjalan” di sepanjang dasar laut, seperti kelelawar yang sedang merayap.

Ikan ini merupakan spesies yang terkena imbas dari bencana tumpahnya minyak di Teluk Meksiko tahun lalu. Menyandang nama latin Halieutichthys intermedius, ikan ini hidup di wilayah perairan dalam.

Dengan bentuk tubuhnya yang ceper seperti kue serabi, ikan ini memiliki gerakan yang aneh. Lebih mirip melompat dengan siripnya di sepanjang dasar laut, ketimbang berenang.

Pancake batfish (Halieutichthys aculeatus). Namanya disesuaikan dengan cara berjalan yang dianggap mirip seperti kelelawar ketika sedang merayap. Nah baru-baru ini, para ahli berhasil menemukan ikan pancake batfish jenis baru di Teluk Meksiko.

Ada dua ikan pancake batfish jenis baru yang ditemukan. Mereka adalah Halieutichthys intermedius dan Halieutichthys bispinosus. Kedua hewan ini memiliki sirip yang kuat bagaikan lengan manusia. Menurut para ahli, sirip itu bisa berfungsi untuk menarik tubuh mereka di dasar laut.
“Pancake batfish” memiliki tubuh ceper dan bulat dengan kepala besar dan mulut yang bisa mereka majukan. Mereka menggunakan sirip mirip lengan untuk menarik tubuh mereka di sepanjang dasar laut dan sirip belakang yang diubah yang mengeluarkan cairan untuk menarik korbannya.

Pancake Batfish adalah anggota dari keluarga anglerfish Ogcocephalidae, Sekelompok dari sekitar 70 spesies dari penghuni dasar yang sering tinggal di dalam air terus-menerus di kegelapan. Batfishes Pancake memiliki kepala besar dan mulut yang bisa didorong ke depan. Hal ini, dikombinasikan dengan kemampuan mereka untuk menyamar berbaur dengan lingkungan sekitar mereka, memberikan mereka keuntungan untuk menangkap mangsa.

Mereka menggunakan sirip lengan mereka yang gemuk, suka ‘berjalan‘ sepanjang substrat; gerakan mereka telah digambarkan sebagai hal yang aneh, menyerupai kelelawar berjalan. Seperti kebanyakan anglerfishes, batfishes memiliki sirip punggung yang dimodifikasi menjadi tulang belakang, meskipun memikat mereka mengeluarkan cairan untuk memancing mangsa dengan cahaya mencerahkan.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Satwa dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s