Star Nose Mole

Mol berhidung bintang (Condylura cristata) bertubuh kecil, aneh yang tampak semi-akuatik, mamalia yang ditemukan di lahan basah bagian timur Amerika Utara mulai dari Kanada hingga ke Georgia. Ia tinggal di terowongan bawah tanah yang sempit dan memakan larva, serangga, cacing, krustasea dan moluska.

Mol Star-berhidung ditutupi dengan bulu tebal berwarna coklat kehitaman untuk menahan air dan memiliki skala kaki yang besar dan ekor tebal panjang yang tampaknya berfungsi sebagai cadangan penyimpanan lemak untuk musim semi dan berkembang biak.

Ukuran mol dewasa adalah 15 sampai 20 cm, dengan berat sekitar 55 g, dan memiliki 44 gigi.

Karena hidup dalam kegelapan, mol ini hampir buta jadi mol sangat bergantung pada indra penciumannya untuk bergerak yang disebut organ eimer.

Mol memiliki hidung yang luar biasa. terdapat lingkaran 22 ponsel, merah muda, berdaging, jari-seperti tentakel di ujung moncongnya yang terlihat seperti bintang, Hidung ini sangat sensitive,  tentakel ditutupi dengan sekitar 25.000 reseptor sentuhan kecil yang dikenal sebagai organ Eimer, berfungsi untuk mengidentifikasi makanan.

Sebuah laporan dalam jurnal Nature mengatakan hewan ini ialah mamalia tercepat dalam mengidentifikasi dan mengkonsumsi makanan hanya dengan waktu120 milidetik (rata-rata: 227 milidetik)

Mol sanggup menemukan dan mengkonsumsi 8 item mangsa yang terpisah di bawah waktu 2 detik. Selain itu mol adalah hewan yang pandai berenang, Mol memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi bau dalam air.

Dengan cara mengembuskan napas gelembung udara pada benda atau jejak aroma dibawah air dan kemudian menghirup kembali gelembung itu melalui hidung. Hal ini memungkinkan makhluk berhidung bintang untuk bisa memutuskan apakah obyek itu bisa dimakan atau tidak.

Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa mol memiliki organ sentuhan enam kali lebih sensitif dari tangan manusia.

Mol melakukan perkawinan di akhir musim dingin atau awal musim semi untuk berkembang-biak, mol bisa mempunyai 4 sampai 5 anak atau lebih. Saat lahir setiap anak mempunyai panjang sekitar 5 cm, botak, dan berat sekitar 1,5 g. Mata mereka, telinga, dan bintang semua disegel tertutup, hanya dibuka dan berguna sekitar 14 hari setelah lahir, Mereka akan sepenuhnya dewasa setelah 10 bulan.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Satwa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s