Hiu Martil

Hiu martil adalah keluarga dari Sphyrnidae, dinamakan demikian karena struktur yang tidak biasa dan khas pada kepala mereka, yang berbentuk seperti palu (cephalofoil)  Martil ditemukan di perairan hangat di seluruh dunia di sepanjang garis pantai dan paparan dunia.

Hiu martil mempunyai panjang berkisar 0,9-6 m (3,0-20 ft) dan berat hingga 500-1000 pound. Mereka biasanya bewarna abu-abu terang dan warna putih pada perut mereka.

Mereka adalah predator agresif yang memakan ikan, ikan pari, cumi-cumi, dan udang-udangan.

Bentuk kepalanya yang seperti martil menyebabkan mereka mampu berbelok dengan benar. Seperti semua hiu, hiu martil memiliki pori sensor electrolocation yang disebut ampullae of Lorenzini. Dengan menyebarkan reseptor di berbagai area, hiu martil dapat mencari mangsa dengan lebih efektif. Hiu ini mampu mendeteksi sinyal listrik setengah miliar Volt.

Kepala yang berbentuk seperti martil juga memberikan keuntungan berupa area penciuman yang lebih luas, meningkatkan potensi menemukan partikel di air sedikitnya 10 kali dibandingkan dengan hiu ‘klasik’ lainnya.

Bentuk kepala aneh hiu ini dapat dianalogikan dengan antena seekor serangga.

Ikan hiu martil adalah ikan yang mempunyai penglihatan yang paling luas karena matanya terletak di ujung martil. Ikan ini dapat tumbuh sepanjang 5 meter. Ikan hiu menggunakan sensor listrik di moncongnya untuk mendeteksi pola magnetik di dasar laut.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Satwa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s