Hiu-hiu unik di dunia

1.Goblin Shark

Hiu ini jarang kita temui karena hidup ribuan meter di bawah permukaan laut. Goblin Shark memiliki kulit yang semi-transparan yang memberikan mereka warna merah muda. Ada bagian yang aneh di kepalanya dan dipercaya oleh ilmuwan sebagai sistem electro-receptor untuk mengarahkan mereka pulang kembali ke rumah sehabis berburu karena tidak adanya cahaya di dasar laut.

2. Hammerhead Shark

Kita telah sering melihat jenis hiu yang satu ini. Hiu martil adalah pendatang baru di dunia ikan hiu. Menurut ilmu pengetahuan, kepala martil mereka yang aneh akibat evolusi 50 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan tidak mengetahui secara pasti fungsi dan manfaatnya. Namun ada prediksi, jika bentuk kepala seperti ini adalah untuk membantu sensor penciuman agar menemukan makanan dalam jarak yang lebih jauh.

3. Thresher Shark

Dengan panjang sekitar 6 meter (dominan panjang ada pada ekornya), Hiu ini memiliki badan multifungsi untuk membunuh mangsanya, mulai dari gigi hingga ekor. Para ilmuwan meneliti jika hiu ini memiliki cara berburu yang khas, yaitu dengan berenang dan mencambukkan ekornya hingga mangsanya terkapar. Bangkai-bangkai mangsanya sekaligus dijadikan tanda jalan pulang sang hiu

4. Frilled Shark

Adalah salah satu jenis hiu yang jarang terlihat karena hidup di laut dalam, meski terkadang mereka tertangkap juga oleh para nelayan. Ada rumor yang mengatakan jenis hiu ini adalah evolusi awal dari seluruh evolusi ikan hiu.

5. Spined Pygmy Shark

Merupakan hiu terkecil dari semua keluarga hiu dengan panjang maksimum hanya sekitar 30 cm. Hiu ini merupakan kerabat dekat Hiu Lentera yang memiliki jaringan bioluminescent photophores di bagian tengah tubuhnya, diperkirakan berfungsi untuk menyamarkan diri dari predator dan mangsanya.

6. White Whale Shark

Jenis hiu bule (albino) dengan panjang sekitar 9 meter ditemukan oleh penyelam di kepulauan galapagos pada bulan Agustus 2008. Hiu ini dapat tumbuh hingga sekitar 20 meter dengan bobot hingga 10 ton.

7. Saw Shark

Hiu gergaji ini memiliki posisi insang yang unik, biasanya insang ikan hiu berada di samping lehernya, tapi hiu ini memiliki posisi insang di bawah tubuh mereka. Gaya hidup ikan hiu ini mirip dengan ikan todak.

8. Greenland Shark

Kadang dikenal sebagai hiu penidur, namun dibalik itu hiu ini adalah hiu mematikan seperti sepupu mereka si Great White. Pernah ditemukan didalam perut mereka sisa-sisa tubuh dari beruang kutub, dan pernah terlihat menyambar mangsanya yang berada di darat karena terlalu dekat dengan tepi air. Identiknya hiu ini adalah buaya laut.

9.Megamouth Shark

Hiu ini diasumsikan jenis hiu yang menghubungkan ikan hiu (basking sharks) dengan ikan paus dalam rantai evolusi hiu. Tumbuh hingga 6 meter dengan bobot sekitar 2,5 ton dan memiliki photophores di bagian mulutnya yang dapat memancarkan cahaya.

10. Whorl-tooth Shark (Helicoprion)

Diatas telah dibahas mengenai hiu gergaji yang memiliki moncong mirip gergaji, Helicorpon pun identik dengan saw shark yang memiliki moncong gergaji. Helicorpon termasuk dalam hiu yang telah punah dan hanya di temukan dalam bentuk fosil. Gambar hanya ilustrasi yang dibuat oleh ilmuwan, bukan kondisi sebenarnya.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s