Hiu Paus

Hiu paus (Rhincodon typus) adalah hiu pemakan plankton yang meruapakan spesies ikan hiu terbesar. Hiu ini adalah satu-satunya anggota dari genusnya Rhincodon dan familinya. Rhincodontidae (disebut Rhinodontes sebelum tahun 1984), yang masuk kedalam subkelas Elasmobranchii pada kelas Chondrichthyes. Hiu ini dapat ditemui di samudera tropis dan hangat dan hidup di laut. Makhluk ini dipercaya sudah ada sejak sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Panjang Hiu paus bisa mencapai 12,65 meter (41,50 ft) dan berat hingga 36 ton (79.000 £), dan masih diperkirakan lebih besar lagi.

Hiu paus adalah ikan yang terkesan lambat dalam bergerak, hiu paus bukan merupakan perenang efisien karena berat dan struktur tubuhnya tidak seperti ikan biasa, hiu paus berenang dengan kecepatan rata-rata sekitar 5 – kilometer per-jam.

Sebagai filter feeder (pemakan plankton) hiu paus memiliki mulut yang luas yang lebarnya dapat mencapai 1,5 meter (4,9 kaki) dan mempunyai 300 hingga 350 baris gigi gigi kecil.Hiu paus memiliki lima pasang insang besar . Dua mata kecil yang terletak di bagian depan lebar kepala hiu. Warna tubuh sebagian besar abu-abu dengan perut putih.

Meski ukurannya yang besar, ikan hiu paus tidak menimbulkan bahaya yang signifikan untuk manusia. Meskipun besar, hiu paus adalah ikan yang jinak dan kadang-kadang memungkinkan perenang untuk mencari tumpangan. Paus hiu sebenarnya cukup lembut dan bisa bermain dengan penyelam. Penyelam dan perenang snorkel bisa berenang dengan ikan raksasa ini tanpa risiko, kecuali dari kibasan ekor besar yang tidak disengaja dari ikan hiu paus itu sendiri.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Satwa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s