Karya Seni Rupa Yang Bersejarah Dan Populer

1.Mona Lisa

Mona Lisa, atau La Gioconda (La Joconde), adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris.

Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius.

Nama atau judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang Leonardo da Vinci, yang terbit 31 tahun setelah ia meninggal dunia. Di dalam buku ini disebutkan bahwa wanita dalam lukisan ini adalah Lisa Gherardini, istri seorang pengusaha Firenze yang kaya bernama Francesco del Giocondo. Mona dalam bahasa Italia adalah singkatan untuk madonna yang artinya adalah “nyonyaku”. Sehingga judul lukisan artinya adalah Nyonya Lisa. Dalam bahasa Italia biasanya judul lukisan ditulis sebagai Monna Lisa (dengan n ganda).

Lalu La Gioconda adalah bentuk feminin dari Giocondo. Kata giocondo dalam bahasa Italia artinya adalah “riang” dan la gioconda artinya adalah “wanita riang”. Berkat senyum Mona Lisa yang misterius ini, frasa ini memiliki makna ganda. Begitu pula terjemahannya dalam bahasa Perancis; La Joconde.

Nama Mona Lisa dan La Gioconda atau La Joconde menjadi judul lukisan ini yang diterima secara luas semenjak abad ke-19. Sebelumnya lukisan ini disebut dengan berbagai nama seperti “Wanita dari Firenze” atau “Seorang wanita bangsawan dengan kerudung tipis”.

2.The Kiss

The Kiss atau Der Kuss adalah sebuah lukisan termashyur karya pelukis asal Austria, Gustav Klimt. Lukisan yang dilukis antara tahun 1907-1908 ini menggambarkan sepasang kekasih yang sedang bercinta. Lukisan ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Klimt. Figur kedua orang itu dilukis dengan jubah dan pakaian berwarna keemasan dengan latar berwarna perunggu. Mereka terlihat dalam lukisan berada di ujung sebuah jurang yang ditumbuhi bunga-bunga. Lelakinya mengenakan sebuah mahkota dari dedaunan anggur; wanitanya juga mengenakan hiasan bunga-bunga di kepalanya. Lukisan ini memperlihatkan pengaruh Art Noveau yang kebanyakan melukiskan tema-tema romantis dan cenderung berbau erotis, layaknya lukisan-lukisan Klimt yang lainnya. Konon, lukisan ini dipersembahkan untuk istrinya, Emilie Louise Flöge.

Lukisan The Kiss saat ini berada di Museum Österreichische Galerie Belvedere, yang terletak di dalam kompleks Istana Belvedere, di Wina, Austria.

Gustav Klimt dan “The Kiss” dipilih sebagai motif koin emas 100 euro yang diluncurkan pada 5 November 2003.

3.Pieta

Patung Pietà (1498-1499) adalah sebuah patung marmer karya Michelangelo yang terletak di basilika Santo Petrus di Roma, Italia yang merupakan karya pertama dari sekian banyak karya dengan tema yang sama oleh Michelangelo. Patung tersebut dibuat sebagai monumen di makam kardinal Perancis Jean de Billheres, tetapi kemudian dipindahkan ke lokasinya yang sekarang, kapel pertama di kanan basilika pada abad ke-18. Karya ini menggambarkan tubuh Yesus di pelukan ibunya Maria setelah penyaliban Yesus.

Patung ini memiliki komposisi piramida, suatu hal yang jarang untuk masa renaisans. Untuk mengimbangi tubuh Yesus yang besar, tubuh Maria ditunjang lebih oleh volume pakaiannya, bukan tubuhnya sendiri. Lipatan kain diperlihatkan sangat detail dan halus.

4. Le Rêve

Le Rêve (The Dream dalam bahasa Perancis) adalah 1932 lukisan cat minyak (130 × 97 cm) oleh Pablo Picasso, kemudian 50 tahun, menggambarkan nyonya 24 tahun nya Marie-Thérèse Walter. Hal ini dikatakan telah dicat dalam satu sore, pada tanggal 24 Januari 1932 .Ini milik’s periode Picasso penggambaran terdistorsi, dengan disederhanakan yang garis besar dan kontras warna menyerupai awal Fauvisme.

Isi erotis lukisan telah mencatat berulang kali, dengan kritikus menunjukkan bahwa Picasso dicat ereksi penis, mungkin melambangkan sendiri, dalam menghadapi terbalik model-nya.

Le Rêve dibeli seharga $ 7.000 pada tahun 1941 oleh Victor dan Sally Ganz dari New York City. Pembelian ini dimulai tahun 50-koleksi mereka bekerja dengan hanya lima seniman: Picasso, Jasper Johns, Robert Rauschenberg, Frank Stella, dan Eva Hesse. Setelah Ganzes meninggal (Victor pada tahun 1987 dan Sally pada tahun 1997), koleksi mereka, termasuk Le Rêve, terjual di Christie’s rumah lelang pada November 11, 1997 dijual. Le Rêve untuk tinggi $ terduga 48.400.000, pada saat keenam paling mahal lukisan dijual (kesepuluh ketika mengambil inflasi ke rekening). Seluruh koleksi rekor untuk penjualan koleksi pribadi, membawa $ 206.500.000. Jumlah yang dibayarkan oleh Ganzes selama hidupnya dari mengumpulkan potongan-potongan ini adalah sekitar $ 2 juta.

Pembeli yang membeli Le Rêve di Christie’s pada tahun 1997 tampaknya telah investasi dana manajer-Austria lahir Wolfgang Flöttl, yang juga sempat diadakan Van Gogh s ‘ Portrait of Dr Gachet dalam kepemilikan pada akhir 1990-an  . In 2001. Pada tahun 2001, di bawah tekanan keuangan, ia menjual Le Rêve untuk raja kasino Steve Wynn untuk undisclosed sum, diperkirakan sekitar $ 60 juta.

5. Portrait of Adele Bloch-Bauer

Klimt waktu tiga tahun untuk menyelesaikan lukisan. Ukurannya 138 x 138 cm dan terbuat dari minyak dan emas di atas kanvas, menunjukkan ornamen rumit dan kompleks seperti terlihat dalam Jugendstil gaya .Klimt adalah anggota dari Secession Wina, sekelompok seniman yang memisahkan diri dari cara tradisional lukisan.Gambar itu dilukis di Wina dan ditugaskan oleh Ferdinand Bloch-Bauer. Sebagai seorang industrialis kaya yang membuat kekayaannya dalam industri gula, ia disponsori seni dan disukai dan didukung Gustav Klimt. Adele Bloch-Bauer menjadi satu-satunya model yang dilukis dua kali oleh Klimt ketika ia menyelesaikan sebuah gambar kedua-nya, Adele Bloch-Bauer II,pada tahun 1912.

Adele Bloch-Bauer, dalam dirinya akan, meminta suaminya untuk menyumbangkan lukisan Klimt ke Galeri Negara Austria saat kematiannya.  Dia meninggal pada tahun 1925 dari meningitis.  Ketika Nazi mengambil alih Austria, janda suaminya harus melarikan diri ke Swiss. milik-Nya, termasuk lukisan Klimt, disita. Dalam wasiat, 1945, Bloch-Bauer yang ditunjuk keponakannya dan keponakan, termasuk Maria Altmann, sebagai pewaris kekayaannya.

Namun, pada bulan November 2006, Adele Bloch-Bauer II (1912) yang dijual di lelang di Christie’s di New York hampir  $ 192.700.000 dan dana yang diperoleh dibagi di antara beberapa ahli waris. Para pembeli lukisan tersebut tetap anonym.Keinginan Maria Altmann bahwa lukisan-lukisan harus dapat diakses oleh masyarakat umum di museum belum terpenuhi.

Beberapa faksi dari dunia seni menyebut keputusan Ms Altmann untuk menjual semua lukisan restituted serakah. kritikus seni kepala Michael Kimmelman menuduhnya “menguangkan,” dan dengan demikian mengubah sebuah “cerita tentang keadilan dan penebusan setelah Holocaust” ke dalam “kisah lain dari pasar, seni gila memabukkan.” Kimmelman berpendapat bahwa keluarga harus memberikan karya pergi, mungkin memberikan mereka kepada lembaga-lembaga publik.

6. Garçon à la Pipe

Garçon à la Pipa ( bahasa Inggris: Boy dengan Pipa) adalah lukisan Pablo Picasso.Ia dilukis pada tahun 1905 ketika Picasso berusia 24 tahun, selama ia Rose Periode, segera setelah ia menetap di Montmartre bagian Paris, Perancis. Minyak pada lukisan kanvas menggambarkan seorang Paris anak laki-laki memegang pipa di tangan kiri dan mengenakan karangan bunga atau karangan bunga bunga.

Persiapan awal ini pekerjaan yang terlibat posisi anak laki-laki dalam semua jenis pose yang terlibat berdiri, duduk atau bersandar di dinding. Setelah reposisi banyak model, Picasso memutuskan untuk pergi dengan anak itu duduk. Berikutnya adalah bagaimana posisi lengan, di mana banyak waktu juga dihabiskan pada ketinggian dan sudut.Awal bekerja tidak menunjukkan benda lain selain pipa yang digunakan.

Meskipun Picasso mulai melukis gambar ini, ia memberikannya waktu istirahat selama sebulan. Selama waktu ini, Picasso memutuskan untuk menyelesaikannya dengan menempatkan sebuah karangan bunga bunga di kepala anak itu. Hal ini tidak diketahui mengapa Picasso memutuskan untuk melakukan hal ini, tapi ada perbedaan antara feminitas dan maskulinitas dalam gambar.

7. Dora Maar with Cat

Dora Maar au Chat (Dora Maar dengan Cat) adalah lukisan 1941 oleh Pablo Picasso. Ia menggambarkan Dora Maar, pelukis sang kekasih, duduk di kursi dengan kucing kecil bertengger di bahunya Lukisan ini adalah salah satu lukisan paling mahal di dunia.

Kanvas (50 ½ oleh 37 ½ inci / 128,3 cm dengan 95,3 cm) adalah salah satu dari banyak potret Dora Maar dilukis oleh Pablo Picasso selama hubungan mereka hampir satu dekade-panjang. Picasso jatuh cinta dengan Maar berusia 29 tahun pada usia 55 dan segera mulai hidup dengan dia. Lukisan ini dilakukan selama 1941, tahun ketika Nazi menduduki Prancis . Pada tahun 1940, lukisan itu diperoleh dengan Chicago kolektor Leigh dan Mary Blok . Mereka menjual lukisan itu pada tahun 1963  Setelah itu, lukisan itu tidak pernah muncul hingga abad ke-21.

8. Bal Au Moulin de la Galette

Bal du Moulin de la Galette (umumnya dikenal sebagai Le Moulin de la Galette) adalah lukisan seniman Perancis tahun 1876 oleh Pierre-Auguste Renoir. Hal ini bertempat di Musée d’Orsay di Paris dan merupakan salah satu karya Impresionisme ‘s. Lukisan ini menggambarkan Minggu sore khas di Moulin de la Galette di distrik Montmartre di Paris. Pada akhir abad 19, kelas pekerja Paris akan berdandan dan menghabiskan waktu di sana menari, minum, dan makan nama galettes ke dalam malam.

Seperti karya lain awal kedewasaan’s Renoir, Bal du Moulin de la Galette adalah impresionis snapshot biasanya kehidupan nyata. Ini menunjukkan kekayaan bentuk, fluiditas stroke kuas, dan lampu berkedip-kedip.

Dari 1879-1894 lukisan itu dalam koleksi pelukis Prancis Gustave Caillebotte, ketika ia meninggal menjadi milik Republik Perancis sebagai pembayaran untuk tugas kematian. Dari 1896-1929 lukisan menggantung di Musée du Luxembourg di Paris. Dari tahun 1929 itu tergantung di Musée du Louvre sampai dipindahkan ke Musée d’Orsay pada tahun 1986.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s