Paus Biru

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik atau lebih. Binatang ini dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada.

Sebagian besar makanan paus biru adalah krill, Paus-paus tersebut selalu makan dalam area dengan konsentrasi tinggi krill, yang kadang-kadang makan hingga 3,600 kg krill dalam sehari.

Paus biru mampu membuat suara antara 155 dan 188 desibel ketika diukur relatifitasnya untuk mereferansi tekanan satu micropascal dalam satu meter, Seluruh kelompok paus biru membuat panggilan pada frekuensi fundamental antara 10 dan 40 Hz dan suara frekuensi terendah manusia dapat secara khas merasakan 20 Hz.

Paus biru kebanyakan umumnya hidup sendiri atau dengan seekor individu lain. Hal itu tidak diketahui apakah bahwa berkelana berpasangan bertahan bersama melebihi periode panjang atau bentuk kerabat lepas lain. Di tempat dimana di sana merupakan konsentrasi tinggi makanan, sebanyak 50 paus biru telah tampak menyebar melebihi area kecil. Namun begitu, mereka tidak membentuk kelompok hubungan besar yang tampak dalam paus balin lain.

paus biru melawan orcaIlmuan memperkirakan  bahwa paus biru dapat berusia hingga sekitar 80 tahun, walau begitu Penelitian rekaman terpanjang individu tunggal adalah 34 tahun, di timur laut Psifik (dilaporkan pada Musim panas, 1998). Predator alam bagi paus ini adalah Paus Orca Laporan penelitian bahwa sebanyak 25% paus biru dewasa memiliki luka yang disebabkan serangan Paus Orca. Meskipun begitu paus biru tak mudah untuk diburu Paus Orca,Membutuhkan tenaga besar dan berkelompok bagi orca untuk dapat memburunya.

paus biru diserang orca

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Satwa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s