Hikmah Jadi Orang Miskin

Ternyata jika kita pikir-pikir ternyata jadi orang miskin itu ada enaknya juga daripada jadi orang kaya raya akan harta. Harta itu adalah amanah dan titipan Tuhan Allah SWT yang harus kita kelola dan pertanggungjawabkan setiap nilainya nanti di akhirat.

Kalau orang kaya setiap kesenangan/kenikmatan hidup harus kita pertanggungjawabkan, setiap uang yang didapat dari hasil kerja kita harus dipertanggungjawabkan, urusan zakat harus kita pertanggungjawabkan, dan lain sebagainya yang cukup memberatkan kita saat sidang akherat nanti.

Sedangkan orang miskin karena tidak banyak harta yang didapat maka urusan hisab akan lebih mudah. Karena hidupnya penuh dengan ujian / kesulitan maka dia akan mendapat pahala. Karena hartanya tidak cukup nisab maka ia tak perlu berurusan membayar zakat.

Dengan demikian sebagai orang islam yang baik sebaiknya hiduplah sederhana, selalu bersyukur atas apa yang telah didapat, selalu merasa cukup atas apa yang dimiliki, tidak mengejar harta semata, rajin membayar zakat sesuai perhitungan, gemar infaq, sedekah dan wakaf jika mampu, rajin beribadah kepada Allah SWT, dan berbagai amalan lain yang dapat mensucikan harta yang telah kita dapat.

Tentang rivanputra

Segalanya telah kuberikan tapi kau tak pernah ada pengertian....
Pos ini dipublikasikan di Al-Islam. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s